Batik Lukis dan Proses Pembuatannya

Bookmark and Share



Batik Lukis
adalah proses pembuatan batik dengan cara langsung melukis pada kain putih menggunakan lilin batik secara spontan.

Sebelum membuat batik lukis ada beberapa hal yang hendaknya patut diperhatikan antara lain :
  1. Melatih cara-cara melukis dengan melatih tangan dan mempertinggi daya cipta. Untuk membuat suatu gambar yang indah maka diperlukan kelenturan tangan dalam menggoreskan lilin batik dan tentunya semua juga tidak lepas dari bagaimana kreatifitas pelukis.
  2. Mempelajari hubungan pemanasan dan sifat-sifat lilin batik. Terkadang lilin batik yang digunakan justru tidak memberikan nilai indah karena mudah rusak saat penggunaan misalnya warna yang kurang jelas, terjadi remukan dan lain sebagainya. Hal ini bergantung pada bagaimana proses pemanasan yang dilakukan sebelumnya.
  3. Mempelajari efek pewarnaan pada berbagai goresan lilin batik. Warna merupakan hal yang sangat vital dalam pembuatan karya batik. Dengan komposisi warna yang tepat tentunya akan mudah mendapat nilai keindahan.
  4. Mempelajari bentuk-bentuk isen-isen batik dan cara-cara penempatannya. Hal ini pentikng karena bentuk isi batik terkadang memberikan penilaian tersendiri sehingga dengan penempatan yang tepat maka orang akan menjadi lebih mudah untuk mengatakan indah pada karya seni yang kita buat.
  5. Melatih cara-cara mempergunakan alat-alat untuk membatik lukis. Dengan mengetahui bagaimana karakteristik dan fungsi alat secara tepat akan membantu dalam proses pengerjaan batik lukis.
Terkadang untuk lebih menyempurnakan sebuah batik lukis dilakukan juga proses membatik tulis maupun cap bergantung dari kebutuhan. Hasil dari batik lukis biasanya dipergunakan untuk keperluan-keperluan dekorasi sehingga pekerjaan membatik lukis tidak perlu dikerjakan pada kedua belah muka kain, melainkan hanya sebelah muka kain.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Post a Comment